SHARE
Sebab Terkabulnya Doa

Sering kita bertanya-tanya,adakah sebab akan tidak terkabulkannya doa. Bahkan kita sebagai umatnya yang memiliki sikap kesabaran berbeda-beda, meragukan keajaiban doa dalam setiap permasalahan yang kita hadapi.

Untuk para pembaca yang sangat saya cintai, disini saya akan menuliskan beberapa hal yang dapat membuat doa kita menjadi tidak terkabul. Tulisan ini adalah ulasan yang saya dapat dari sebuah buku karya Syaikh Mahmud al-mishri, akan tetapi saya akan menuliskannya dengan bahasa yang ringan. Agar dalam kalangan apapun dapat mengerti makna dari tulisan saya.

Diriwayatkan bahwa Ibrahim bin Adham lewat dipasar kota Basrah, banyak orang yang berkumpul mengelilinginya. Mereka berkata, “Wahai Abu Ishaq, mengapa doa kami tidak dikabulkan?” Ia menjawab, “Karena hati kamu mati disebabkan sepuluh perkara:

Pertama, kamu mengetahui Allah, akan tetapi kamu tidak melaksanakan hak-Nya.

Kedua, kamu nyatakan bahwa kamu mencintai Rasulullah, akan tetapi kamu meninggalkan sunnahnya.

Ketiga, kamu membaca Al-Qur’an, akan tetapi kamu tidak mengamalkannya.

Keempat, kamu makan nikmat Allah, akan tetapi kamu tidak bersyukur.

Kelima, kamu katakan bahwa setan itu musuh kamu, tapi kamu tidak menentangnya.

Keenam, kamu katakan bahwa syurga itu benar, tapi kamu tidak berusaha untuk mendapatkannya.

Ketujuh, kamu katakan bahwa neraka itu benar, akan tetapi kamu tidak lari darinya.

Kedelapan, kamu katakan bahwa kematian itu benar, akan tetapi kamu tidak mempersiapkan diri untuknya.

Kesembilan, kamu bangun tidur, kamu sibuk dengan aib orang lain dan kamu lupa dengan aib dirimu sendiri.

Kesepuluh, kamu mengubur mayat, akan tetapi kamu tidak mengambil pelajaran darinya.

Ada di antara mereka mengucapkan makna ini dalam bentuk syair:
Kita memohon kepada Allah dalam setiap kesulitan. Kemudian kita melupakannya ketika kesulitan itu disingkirkan. Bagaimana kita mengharapkan  doa akan terkabul kita telah menutup jalannya dengan dosa-dosa.

Astagfiruallah, lebih baik kita memperbanyak istigfar atas perbuatan dosa yang disengaja ataupun tidak kita sengaja. Manusia memang hakikatnya tempat khilaf dan dosa, akan tetapi Allah selalu membukakan pintu taubat yang amat besar kepada hambanya.

Tulisan ini hanya mengingatkan kepada para muslim, bahwa Allah selalu senang akan hambanya yang berdoa ataupun memohon kepadaNya. Akan tetapi sebagai muslim yang baik, kita perlu mengetahui sebab akan tidak terkabulkannya doa. Tentunya Allah selalu memberikan sesuatu yang terbaik untuk kita, mungkin tidak sekarang ataupun karna kita belum bisa memegang amanah yang baik. Lagi pula teramat banyak dosa-dosa yang kita sepelekan, dan ini tentu akan menjadi penahan akan doa-doa yang kita panjatkan.

Jangan terburu-buru menganggap Allah tidak mendengar doa kita, naudzubillah. Semoga kita dijauhkan dari prasangka buruk. Tetap menjadi hamba Allah yang sabar muslimah, karna Allah akan memberikan hal yang terbaik untuk setiap hambanya yang siap dengan iman dan waktu yang tepat.

 

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY