SHARE
Wanita Inspiratif

Setiap 8 Maret, seluruh dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Bagi sejumlah kalangan, hari ini merupakan peringatan keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial.

Di era moderenisasi saat ini wanita masih merasakan adanya deskriminasi yang mengudang banyak permasalahan perempuan. wanita yang cenderung lemah menghantarkan banyak sejuta konflik dalam biduk rumah tangga, kekerasan seksual, human traficking, dan permasalahan lainnya. Masalah tersebut sampai saat ini belum terselesaikan.

Sebagai perempuan kita harus mempunyai pendidikan yang layak, karna wanita akan menjadi seorang ibu dan juga menjadi seorang pendamping ulung yaitu suami. Tak hanya kaum lelaki saja yang mampu berkontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan di dunia, ternyata beberapa perempuan juga dikenal sebagai ilmuwan yang berpengaruh.

Mulai dari penemuan polonium dan radium hingga peneliti kanker serta kemoterapi, ternyata di baliknya terdapat perempuan hebat. Pada artikel ini saya akan menjelaskan wanita inspiratif dunia, siapa saja mereka???

1. Hillary Clinton

Siapa yang tak kenal dengan sosok bersahaja Hillary Clinton. Wanita berusia 68 tahun ini kini sedang menjadi kandidat presiden di negara adidaya Amerika Serikat (AS). Hillary menamatkan studi S-3 di Yale University dan meraih gelar Doctor of Jurisprudence. Seperti kita ketahui, Yale merupakan kampus yang menduduki peringkat ke-15 dunia dan sudah berusia lebih dari satu abad.

2. Melinda Gates

Istri dari Bos Microsoft Bill Gates itu sukses mengelola Yayasan Bill & Melinda Gates yang telah memberikan donasi di berbagai bidang. Ibu tiga anak ini meraih gelar Bachelor of Arts/Science, Duke University, dan menempuh master administrasi bisnis di Fuqua School of Business, AS.

3. Sri Mulyani Indrawati

(lahir di Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962 umur 50 tahun) adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010. Sebelumnya, dia menjabat Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Begitu, dia berkantor di Kantor Bank Dunia, dia praktis meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan. Sebelum menjabat menteri keuangan, dia menjabat Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu.

4. I Am Malala

The Girl Who Stood Up for Education and Was Shot by the Taliban adalah judul bukunya (2013). Sedangkan di dalam buku itu sendiri, Malala mengatakan dia lebih suka dikenang sebagai seorang anak perempuan yang memperjuangkan kesamaan hak pendidikan terhadap anak perempuan (di seluruh dunia) daripada dikenang sebagai seorang anak perempuan yang pernah ditembak Taliban.

5. Mary Barra

Marry Barra merupakan CEO General Motors yang juga menduduki peringkat ke-65 sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Perempuan berusia 54 tahun tersebut meraih gelar master administrasi bisnis di Stanford Graduate School of Business, AS. Kampus ini masuk ke dalam 10 besar universitas terbaik untuk studi akuntansi dan keuangan.

Demikian para perempuan inspiratif  yang konsen dalam beberapa bidang, hal ini dapat membuktikan bahwa menjadi wanita adalah salah satu anugrah dari Allah. Sebagai wanita seharusnya kita menjadi pribadi yang tangguh dalam memperjuangkan hak-hak perempuan.

 

LEAVE A REPLY