SHARE

Sebenarnya gak mau post tulisannya ini, tapi banyak yang nanya gimana aku bisa sembuh dari jerawat. Semoga tulisannya bermanfaat girls.

Seumur hidup gak pernah ngerasain yang namanya jerawat sampe bernanah atau besar-besar. Paling gak, cuman datang waktu menjelang menstruasi itupun kecil. Nah kali ini memang bener-bener lagi diuji sama Allah. Sebelumnya gak pernah ngucapin syukur saat punya wajah mulus tanpa jerawat, saat Allah kasih ujian ini baru merasa Allah baik banget udah kasih wajah mulus selama hampir 23 tahun. Astagfiruallah, sempat sedih dan terpukul banget. Tapi sekarang setelah sembuh jadi banyak dapet pelajaran yang sebelumnya gak pernah dapet dari hasil pengalaman manapun. Alhamdulillah.

Permulaan cerita di mulai, waktu itu sekitar bulan September 2017 wajah tiba-tiba di datengin sama  bintik kecil menyebar ke arah pipi dan bikin gatel. Tapi di kira cuman alergi karna emang saat itu abis makan udang yang lumayan banyak porsinya. Di coba minum obat anti alergi eh tetep aja gak ilang. Mulai panik, dan coba ke dokter kulit waktu itu emang masih kerja di Saudi jadi biaya di cover setengah sama asuransi. Dikasih obat sama dokternya clindamycin tapi yang cair jadi di totol-tol aja ke jerawatnya, aku pakai sekitar sebulan tapi gak ngaruh apapun malah makin worse jerawatnya. Gak cuman itu kulit aku juga makin iritasi, jadi stop pemakaian dan kembali kedokter yang sama. Waktu itu dokternya kasih cream namanya fusidin.

fucidin Cream source by google

Cuman pake dua minggu langsung stop karna jerawat makin menyebar kemana-mana. Akhirnya sempet stress gara-gara masalah ini, karna ngerasa malu banget. Banyak yang ngomongin, gimana gak di omongin muka yang awalnya mulus-mulus aja tiba-tiba tumbuh jerawat bernanah dan besar seperti jerawat batu. Finally i give up, sampai  Allah bener-bener kasih jalan keluar. Waktu itu emang aku kerja di Saudi sebagai perawat, ada satu pasien appointment ke bagian kulit, yang lucunya si dokter langsung ngira aku pasiennya. Ya ampun sampai segitu worsenya my acne, aku jelasin aja deh sama si dokter. Alhamdulillah si dokter baik banget dia nyaranin untuk buka file di rumah sakit tersebut. but i know its really difficult for me as foreigner di Saudi itu gak mudah genks.

Setiap masalah pasti ada jalan keluar, Allah gak pernah mengingkari janjinya. Finally aku inget kalau ada temen yang kerja di situ, singkat cerita dia bukain file buat aku yang non Saudi ini atas jaminan dia. Ujug-ujug aku dateng ke RS yang udah aku susah payah untuk buka filenya ini genks, eh malah gak ada dokternya karna dia gak setiap hari jaga di RS tersebut. Sedih juga waktu itu, tapi Alhamdulillah ketemu sama dokter dari Egypt yang baik hati, dia suruh aku periksa darah. Setelah semua normal hasilnya, si dokter Egypt ini langsung kasih obat yang nama dan bentuknya baru aku denger. Maklum gak pernah kedokter kulit, jadi gak familiar dah itu obat.

Ngedumel juga dalam hati pas perjalanan pulang, susah payah ke RS malah dikasih yang beginian doang obatnya. But iam wrong genks, dont judge before you know exactly. Karna penasaran aku bukalah nie obat langsung diminum abis makan, waktu itu dokternya bilang harus banyak minum dan makan-makan sehat seperti sayuran hijau dan buah. Hindari makanan berlemak, alhasil aku diet dari makanan ayam yang setiap hari aku makan. Waktu itu lagi boring banget iseng-iseng searching di google langsung type nama obatnya, langsung ternganga genks. Ternyata ni obat emang banyak yang pake untuk jerawat yang relatif berat, di situ langsung ucap syukur berkali-kali lipat sama Allah. Ini jawabannya.

Jadi obat yang aku minum namanya Xeractan atau kandungannya isotritinoin. Merek dagangnya lumayan banyak biasa di kenal accutan atau roaccutane. Obat ini ampuh banget untuk mengobati jerawat yang parah. Tapi obat ini masuk dalam golongan obat keras dan banyak efek sampingnya. Sangat sangat tidak di anjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Karna akan beresiko cacat. Obat ini kandungannya Vit A dosis tinggi. Obat ini bakal bikin kulit kita bener-bener kering. Karna cara kerjanya emang mematikan kadar minyak dalam tubuh. Makanya dokter saranin untuk minum yang banyak. Sebelum mengkonsumsi obat ini juga di anjurkan untuk periksa darah, walaupun banyak juga yang mengkonsumsi tanpa resep dokter. Tapi itu bener-bener gak di anjurkan genks.

Roaccutan Dosis 20 mg

Well aku langsung  cerita aja, aku mengkonsumsi obat ini selama 6 bulan. Alhamdulillah jerawat hilang walau harus struggle sama bekasnya. Di  bulan pertama dan kedua aku minum dengan dosis 20 mg perharinya, minumnya satu hari satu tablet jangan sampe lupa. Karna kalau udah lupa gak bisa minum di rapel gitu, obat ini memang harus konsisten minumnya. Jangan sampe sehari minum terus sehari lupa, si dokter udah ngejelasin ini berkali-kali. Pokoknya kayak minum obat KB aja. Hahaha

Jerawat aku di bulan 1 pemakaian Roaccutane
Jerawat aku di bulan 2 pemakaian Roaccutane

Di bulan ketiga dan keempat, dosis aku naik  jadi 40 mg.

Jerawat aku di bulan 3 pemakaian Roaccutane
Jerawat aku di bulan 4 pemakaian Roaccutane

Di bulan pertama sampai bulan ke empat ini masa yang paling sedih karna jerawat keluar semua dan bibir kering sampe berdarah juga.

pada bagian tangan juga karna kering banget sampai luka merah-merah

Tangan luka karna kulit yang super kering

Dan di bulan kelima dan ke enam dosisnya turun jadi 20 mg.

Jerawat aku di bulan 5 pemakaian Roaccutane
Jerawat aku di bulan 6 pemakaian Roaccutane

Alhamdulillah, gak henti-hentinya bersyukur sama Allah. yang udah balikin muka seperti semula.

Buat temen-temen yang lagi berjuang melawan jerawat jangan pantang menyerah, pasti ada jalan. Jangan hirauin perkataan orang yang bilang “kamu sih jorok jarang cuci muka”, padahal aku rasa aku orangnya rajin cuci muka. Sedih banget merasa dikucilin, pokoknya yang pernah ngerasaien punya jerawat pasti ngerasa tekanan batinnya.

But Just Don’t care aja what people said, happy aja setiap masalah pasti ada solusi.

Cahyo girls,

 

 

4 COMMENTS

  1. Ya Allah mbak, parah juga yak! Aku lagi struggling sama jerawat juga nih. Dan udah bikin appointment dengan dokter kulit yang terkenal bisa ngatasin jerawat, yaitu dr.Kun . Aku udah hopeless sama jerawat aku. apakah bakal purging separah itu?

    • Iya aku denger dr.Kun pake obat yang kandungannya Isotritinoin. Purgingnya aku emang parah sih mbak ajeng, tapi aku jalani aja. Alhamdulillah sekarang udah hilang, tinggal struggling dengan bekas2nya aja:(

  2. hi mbak. alhamdulillah ya sekarang wajahnya udah mulus lagi.

    aku juga struggling sm jerawat mbak. sedikit curhat, aku udah jerawatan sejak kelas dua SMA. SMA parah2nya sih. udah mah bodoh, tau jerawatan malah didiemin aja. iya soalnya aku kira begitu lebih baik. taunya makin parah2 terus.

    sampai kuliah aku masih jerawatan. pas tahun 2015 akhir, balik dari KKN akhirnya aku membulatkan tekad untuk nyembuhin jerawat, apapun caranya. ketemulah sama video accutane journey di yt. dan aku akhirnya memberanikan diri untuk nyoba.

    selapan bulan minum accutane, dan akhirnya jerawat udah nggak muncul lagi. setelah beberapa bulan berhenti minum accutane, jerawat aku numbuh lagi. pas banget sama hari wisuda. aku kira cuma sekali aja. taunya manjang sampai sekarang masih suka numbuh.

    ternyata emang nggak bisa sembuh total walaupun minum accutane. mungkin karena hormonku terlalu kuat untuk dilawan. tapi alhamdulilah walapun numbuh nggak pernah keroyokan kayak dulu. dan akupun udah mulai tau gimana cara terbaik ngadepin jerawat.

    dan yang paling penting adalah tetep percaya diri dan mencintai diri sendiri walaupun wajah kita nggak mulus.

    terimakasih mbak, sudah berbagi cerita. dan maaf saya malah ikut nulid postingan curhat di sini
    🙂

    • Alhamdulillah temen seperjuangan baca tulisan aku, memang accutane gak bisa nyembuhin total tapi seenggaknya kita jerawatan gak separah dulu lagi. Jerawan itu memang bikin stress banget sih, cuman para wanita jerawatan yang bisa ngerasaien ini. Berat tapi membuat kita juga lebih bersyukur dan berusaha merawat wajah dari pemberiaan Allah ini. semangat terus mbaknya.

LEAVE A REPLY